PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
SEMESTER II ( GENAP ) 2014 – 2015
Kelas : SMPLB DAN SMALB
Jurusan :
TUNARUNGU
WICARA BIDANG STUDI : SABLON

![]() |
B. Banyak Minggu Tidak Efektif
|
||
NO
|
URAIAN
|
BANYAKNYA MINGGU
|
1
|
Ulangan harian
|
1
|
2
|
Ulangan umum
|
2
|
3
|
Libur nasional
|
1
|
5
|
Cadangan
|
1
|
JUMLAH
|
5
|
A. Banyak Minggu Dalam Semester
|
||
NO
|
BULAN
|
BANYAKNYA MINGGU
|
1
|
JANUARI
|
4
|
2
|
FEBRUARI
|
4
|
3
|
MARET
|
5
|
4
|
APRIL
|
5
|
5
|
MEI
|
5
|
6
|
JUNI
|
4
|
JUMLAH
|
26
|
Banyak Minggu Efektif :
26 – 5 Minggu = 21 Minggu
Banyak Jam Pelajaran Efektif : 21 X 10 Jam Pelajaran = 210 Jam
Mengetahui Jambi, Januari 2015
Kepala Sekolah
Guru
Kelas
Zaiman, S.hum
PROGRAM SEMESTER
GANJIL
KELAS :
SMPLB/SMALB (TUNARUNGU WICARA)
TAHUN PELAJARAN : 2014 – 2015
Mata Pelajaran
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Jan
|
Feb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
Ket
|
||||||||||||||||||||||||
Sablon
|
1. Memahami teknik sablon manual
|
1.1.
Mengetahui teknik sablon manual dengan menggunakan film.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
2. Memahami Alat-alat dan bahan dalam menyablon.
|
2.1.
Mengidentifikasi Alat-alat dan
bahan dalam menyablon.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
Memahami pembuatan desain.
|
3.1 Mengetahui
proses pembuatan desain pada
kertas.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN :
SABLON
KELAS : SMPLB/SMALB (TUNARUNGU)
SEMESTER : GANJIL (2014 – 2015)
STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami teknik
sablon manual
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Sarana/Sumber
|
1.1.
Mengetahui teknik sablon manual
dengan menggunakan film.
|
Teknik sablon manual
|
1. Menjelaskan
pengertian teknik sablon dengan film
2. Menjelaskan pengertian cetak saring.
|
1. Menjelaskan materi kepada siswa.
3.Mencatat materi yang diberikan.
4.Menyimpulakan
materi.
5. Evaluasi.
|
1.Tulisan
|
2. Memahami
Alat-alat dan bahan dalam menyablon
Kompetensi Dasar
|
Meteri
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Sarana/Sumber
|
2.1.
Mengidentifikasi Alat-alat dan
bahan dalam menyablon.
|
Alat-alat dan bahan
dalam menyablon
|
1. Menyebutkan nama Alat-alat dan
bahan dalam meyablon.
2. Menuliskan Alat-alat
dan bahan dalam meyablon
3. Menunjukkan Alat-alat
dan bahan dalam meyablon
|
1.menjelaskan materi kepada siswa
2.meminta anak mengamati, menuliskan,
menyebutkan nama alat-alat dan
bahan dalam meyablon.
3.Menyimpulakan
materi.
4. Evaluasi
|
1.Tulisan
2.Performance
|
3. Memahami
pembuatan desain dan penyablonan.
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Sarana/Sumber
|
3.1 Mengetahui
proses pembuatan desain pada
kertas.
|
Desain produk
|
1. Menjelaskan pengertian desain produk.
2.
Membuat desain pada kertas secara manual dan computer dengan aplikasi Corel
Draw.
|
1.
Menyampaikan materi
2.
Menuliskan materi
3.
Mendesain produk yang diinginkan oleh
masing-masing siswa.
4.
Evaluasi.
|
1.
Performance
|
Mengetahui Jambi, Januari 2015
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
Zaiman, S.Hum.
TERIMA KASIH
BalasHapus