Senin, 16 November 2015

SILABUS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN SABLON


PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
SEMESTER II ( GENAP ) 2014 – 2015
Kelas               : SMPLB DAN SMALB
Jurusan            : TUNARUNGU WICARA                                                                                                              BIDANG STUDI : SABLON


 

B.   Banyak Minggu Tidak Efektif
NO
URAIAN
BANYAKNYA MINGGU
1
Ulangan harian
1
2
Ulangan umum
2
3
Libur nasional
1
5
Cadangan
1

JUMLAH
5
A.  Banyak Minggu Dalam Semester
NO
BULAN
BANYAKNYA MINGGU
1
JANUARI
4
2
FEBRUARI
4
3
MARET
5
4
APRIL
5
5
MEI
5
6
JUNI
4

JUMLAH
26





         
Banyak Minggu Efektif           : 26 5 Minggu = 21 Minggu
Banyak Jam Pelajaran Efektif : 21 X 10 Jam Pelajaran = 210 Jam


Mengetahui                                                                                                                                         Jambi,            Januari 2015
Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Kelas



                                                                                                                                                            Zaiman, S.hum

PROGRAM SEMESTER GANJIL

KELAS                                                   : SMPLB/SMALB (TUNARUNGU WICARA)
TAHUN PELAJARAN                         : 2014 – 2015

Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Jan
Feb
Mar
Apr
Mei
Jun
Ket

Sablon


1. Memahami teknik sablon manual
1.1. Mengetahui teknik sablon manual dengan menggunakan film.































2. Memahami Alat-alat  dan bahan dalam menyablon.
2.1. Mengidentifikasi Alat-alat dan bahan  dalam menyablon.































3. Memahami pembuatan desain.
3.1 Mengetahui proses pembuatan desain pada kertas.


































SILABUS PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                        : SABLON
KELAS                                   : SMPLB/SMALB (TUNARUNGU)
SEMESTER                            : GANJIL  (2014 – 2015)
STANDAR KOMPETENSI  :


1.   Memahami teknik sablon manual
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Sarana/Sumber
1.1. Mengetahui     teknik sablon manual dengan menggunakan film.
Teknik sablon manual

1. Menjelaskan pengertian teknik sablon dengan film
2.  Menjelaskan pengertian cetak saring.

1. Menjelaskan    materi kepada siswa.
3.Mencatat materi yang diberikan.
4.Menyimpulakan materi.
5. Evaluasi.

1.Tulisan





           2. Memahami Alat-alat  dan bahan dalam menyablon
Kompetensi Dasar
Meteri
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Sarana/Sumber
2.1. Mengidentifikasi Alat-alat dan bahan  dalam menyablon.
Alat-alat dan bahan dalam menyablon
1. Menyebutkan nama Alat-alat dan bahan dalam meyablon.
 2. Menuliskan Alat-alat dan bahan dalam meyablon
 3. Menunjukkan Alat-alat dan bahan dalam meyablon

1.menjelaskan materi kepada siswa
2.meminta anak mengamati, menuliskan, menyebutkan nama alat-alat dan bahan dalam meyablon.
3.Menyimpulakan materi.
4. Evaluasi

1.Tulisan
2.Performance






3. Memahami pembuatan desain dan penyablonan.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Sarana/Sumber
3.1 Mengetahui proses pembuatan desain pada kertas.

Desain produk
1. Menjelaskan pengertian desain produk.

2. Membuat desain pada kertas secara manual dan computer dengan aplikasi Corel Draw.
1.    Menyampaikan materi
2.    Menuliskan materi
3.    Mendesain produk yang diinginkan oleh masing-masing siswa.
4.    Evaluasi.

1.      Performance



Mengetahui                                                                                                                                   Jambi,    Januari 2015
Kepala Sekolah                                                                                                                             Guru Bidang Studi




                                                                                                                                                      Zaiman, S.Hum.

1 komentar: